Rabu, 12 April 2023

Mengecek Kesehatan Usus Melalui Jenis Feses Saat BAB

KENTUT BAU MENANDAKAN ANDA SEHAT, BENARKAH???  

Mengecek Kesehatan Usus Melalui Jenis Feses Saat BAB - 

🔍Mungkin beberapa orang mungkin akan jijik dengan pembahasan soal BAB atau kotoran, akan tetapi sebenarnya ini sangat penting lho. Dengan mengetahui apa yang kamu keluarkan saat buang air besar, maka sangat penting untuk tahu apakah tubuhmu sehat atau tidak. Ternyata makan macam-macam makanan sehat bisa mempengaruhi bentuk kotoran dan ternyata bisa jadi indikasi kesehatan tubuhmu.

Kesehatan Usus Melalui Jenis Feses Saat BAB

Memang sama seperti warna air seni, jadi bentuk kotoran juga bisa jadi tanda kamu sedang dalam kondisi sehat atau tidak sehat. Bahkan ada yang dinamakan Bristol Stool Chart sebuah skala bantuan medis yang dirancang khusus untuk mengklasifikasikan bentuk kotoran manusia lhoo. 

Skala ini digunakan untuk mengevaluasi berbagai masalah pada usus atau pencernaan. Nah, berikut ini adalah beberapa penjelasannya agar kamu lebih tahu soal kondisi ususmu, ya. 
    Tipe 1 - Kotoran bertekstur keras dan kecil mirip kacang serta sulit dikeluarkan dan sakit. Biasanya bentuk ini terjadi pada penderita sembelit yang sudah parah ya.
    Tipe 2 - Bentuk mirip sosis tapi menggumpal dengan permukaan bergelombang tidak rata. Bentuk kotoran seperti ini dapat menyebabkan ambeien lho. Hal ini juga jadi sinyal konstipasi lho.
    Tipe 3 - Bentuk kotoran seperti sosis dengan permukaan seperti retakan kecil, bentuk ini dikatakan dalam bentuk normal walaupun ada indikasi konstipasi.
    Tipe 4 - Tekstur lembut dan halus bentuknya seperti sosis, maka bentuk inilah yang menjadi tanda bahwa usus dalam keadaan sehat dan tidak mengalami konstipasi.
    Tipe 5 - Bentuknya mirip gumpalan dan halus serta mudah dikeluarkan. Maka hal ini merupakan gejala awal diare.
    Tipe 6 - Bentuk mirip cairan dan sangat mudah dikeluarkan, yang ini tanda bahwa seseorang mengalami diare.
    Tipe 7 - Tidak ada bentuk sama sekali alias hanya cairan. Yang ini adalah tanda seseorang mengalami diare yang parah.

Salah satu indikator usus yang sehat adalah kentut. Bahkan ada sebuah penelitian menunjukkan bahwa mencium kentut bau bisa membantu membuatmu hidup lebih lama, lho. Ternyata gas metana dari kentut sebenarnya bisa menurunkan risiko seseorang terserang penyakit tertentu, dan salah satunya demensia atau pikun.

Ternyata kentut super bau ternyata lebih sehat dan bermanfaat lebih banyak manfaat. Maka kentut yang semakin bau, maka itu menandakan bahwa kamu makan makanan yang lebih sehat karena biasanya kita menyantap jenis-jenis makanan sehat seperti makanan berserat dan bernutrisi lah yang menghasilkan gas pada perut kita. 

Akan tetapi kentut bau juga bisa jadi tanda lain masalah pencernaan, misalnya seperti misalnya alergi susu, iritasi usus dan lain sebagainya lagi. Maka selama kamu tak punya keluhan dan makananmu sehat, maka tak perlu khawatir dengan kentut yang bau.

Tidak ada komentar: