Senin, 06 Maret 2023

Resume ke-25 KBMN Gelombang 28

Resume Ke : 25 KBMN Gelombang : 28
Tanggal : 6 Maret 2023
Narasumber : Dr. Imron Rosidi, M.Pd.
Moderator     : Yandri Novita Sari, S.Pd.
Tema              :Poin Buku Pada Kenaikan Pangkat PNS
Dibuat oleh Nunung Fika Herawati Efendi, S.Pd.
Setiap hari senen, Rabu, dan Jumat pukul 19.00 wib kita belajar bersama secara online. Kegiatan belajar kita lewat aplikasi WA dan terkadang menggunakan aplikasi zoom dan live youtube.
Untuk mengikat ilmu yang didapatkan, maka kita menuliskan resume dari materi para narasumber di blog pribadi. Ratusan peserta bisa mengikutinya, namun perlahan tapi pasti banyak yang berguguran di tengah jalan sebelum kegiatan belajar menulis nusantara berkahir selama 30 kali pertemuan.

Beberapa peserta mencoba mengejarnya dengan cara berlari dan mulai menulis di blog pridainya yang sdh penuh sarang laba-laba.

Malam hari ini bapak Dr. Imron Rosidi, M.Pd akan membagikan ilmunya kepada kita. Ibu Yandri Novita Sari akan memandunya sebgai moderatornya.

Sebagai founder KBMN PGRI gelombang 28, Omjay berharap semakin banyak peserta yang bertahan sampai di akhir finish dan tidak menyerah kalah. Sebab malam ini materinya semakin seru . Judulnya Point Buku Pada Kenaikan Pangkat PNS. Beliau adalah salah seorang narasumber yang mengalaminya secara langsung.

Buat kawan-kawan peserta KBMN 28, ayo kita siapkan diri untuk belajar bersama secara online. Kita belajar dari Pak Imron Rosidi yang berada di Pasuruan Jawa Timur, dan IBu Yandri yang bersala dari Padang, Sumatera Barat. Jarak yang jauh menjadi terasa dekat berkat adanya aplikasi Whatsapp.com.
 bapak ibu bisa juga membaca artikel tahun lalu di https://terbitkanbukugratis.id/lia-yuflihah/02/2022/60224/

 Mari kita sambnut ibu Moderator kita, ibu Yandri Novita untuk memimpin jalannya kegiatan belajar online ini tepat puul 19.00 wib. Pesan Omjay, Menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi.

Salam dari Padang, Sumatera Barat untuk Bapak Ibu se Nusantara. Luar Biasa antusias KBMN 28 dari Sabang sampai Merauke. 

Sudah memasuki pertemuan ke-25 kita menjalani KBMN tidak terasa sebentar lagi kita akan Closing Ceremony sebelum bulan Ramadhan. 

Saya yakin sebagian Bapak Ibu sudah hampir finish menggarap buku solonya.

Seperti yang sudah dipaparkan oleh om jay, pada pertemuan ke-25 membahas tentang Poin Buku pada Kenaikan Pangkat PNS

Yah betul, Faktor pendukung untuk kenaikan pangkat bagi seorang pendidik adalah menulis buku. Nah ini tak jarang banyak pendidik yang berargumentasi bahwa menulis buku suatu hal yang susah. 
Apakah bener begitu? 
Lalu buku yang bagaimana yang masuk kategori kenaikan pangkat PNS? 
Apa saja jenisnya? 

Keren bukan Kelas Belajar Om Jay, materi komplit dan narasumbernya juga luarbiasa. 

Sesuai dengan Flyer yang telah Bapak Ibuk lihat, narasumber kita malam ini Bapak Dr. Imron Rosidi, M.Pd.

 narasumber kita dengan salah satu buku karya beliau berjudul Bergerilya menjadi Penulis. 

Seabrek prestasi sudah di raih oleh narasumber kita alumni D-III Jurusan Bahasa di IKIP Surabaya ini. Hal ini dibuktikan Pak imron Rosidi terpilih sebagai penerima Penghargaan Satya Lencana Pendidikan dari Presiden Susilo Bambang Yudyono (SBY) tahun 2011. Tak hanya itu beliau juga Mendapatkan penghargaan dari Intel Education Award dan Platinum Indonesia.

Penulis buku berjudul "Menulis Siapa Takut", yang juga berprofesi sebagai dosen Pascasarjana Uniwara STKIP Pasuruan dan kampus Dalwa Bangil karena kecintaannya di bidang menulis Pak Imron dipercaya menjadi wakil dalam Pertukaran Tokoh Masyarakat Indonesia dengan Amerika Tahun 2006 dan menjadi wakil kalangan guru yang terbang ke Amerika. Tidak hanya Amerika, lelaki kelahiran kelahiran Surabaya tanggal 10 Juni 1966 ini juga terbang ke Sydney dan Melbourne tahun 2011, beliau dipercaya mewakil Indonesia karena beliau mendapat Predikat Guru Berprestasi Tingkat Nasional.


Sepak terjang yang luar biasa diimbangi ketekunan dan keuletan Bapak Imron sebagai Penulis buku pelajaran, buku pendidikan dan buku umum dari penerbit UM Press, Kanisius dan lain sebagainya. Beliau juga menjabat sebagai Kepala Sekolah SMAN 1 Bangil mengantarkan beliau meraih gelar Doktor dan beliau juga masuk sebagai 10 penulis buku nonfiksi yang mendapat apresiasi dari Gubernur Jatim.  

Mengutip kalimat dari Samuel Johnson, "Karya-karya yang hebat dilakukan bukan dengan kekuatan, tetapi juga dengan ketekunan."

Pasti Bapak Ibu sudah tidak sabar dengan materi dari Pak Imron Rosidi. 

Baiklah bapak ibu, izinkan saya Yandri Novita Sari membersamai Bapak Ibu di KBMN 28 pada malam ini. 

Sebelum pemaparan materi dimulai, ada baiknya kita berdo'a terlebih dahulu sesuai dengan kepercayaan masing2, agar menambah keberkahan kegiatan kita malam ini. 

Ibu moderator dan om Jay yg juga saya hormati.
Baiklah saya akan memulai dg menyampaikan cara memanfaatkan kemampuan kita dlm menulis buku untuk KP berdasarkan Permenpak rb 16 tahun 2009.

Salah satu jenis PI dan KI adalah penulisan buku

Untuk PI bisa berbentuk buku di bidang pendidikan, buku terjemahan, buku hasil mengubah dr laporan penelitian kita. Sementara itu, di KI bisa berupa buku kumpulan puisi, buku kumpulan cerpen, dan buku novel

 Sayangnya, ketika saya menilai buku2 yang diajukan untuk KP, saya sering menemukan buku antologi puisi yang ditulis keroyokan. setiap guru hanya menulis satu atau lebih puisi. ini tidak bisa dinilai
Untuk kumpulan puisi, hanya yang menulis minimal 20 puisi yg bisa dinilai. untuk kumpulan cerpen, minimal satu guru menulis 5 cerpen basi dinilai

Untuk lebih jelasnya, saya tampilkan ppt berikut untuk dibaca dan di tengah2 saya menjelaskan, bisa diselingi pertanyaan

Dalam ppt disebutkan bahwa ada 10 jenis PI, 4 jenis KI dan 2 jenis PD.

Hanya saja, saat pengajuan PAK, guru maupun KS biasanya hanya mengajukan PTK atau PTS

ini menimbulkan kecurigaan bahwa guru tsb menjahitkan saat pengajuan PAK. Ini hrs kita hindari
 Yang menjadi peluang bagi kita sebenarnya menulis buku hasil laporan penelitian yg kita miliki.

Hanya dg mengatur beberapa bab yg ada, buku akan terwujud

Silakan dipelajari materi di atas. Selanjutnya kita juga berdiskusi masalah KP dlm aturan baru

jika dilihat dari PPT liat lebih tinggi AK buku publikasi ilmiah ya pak?
 
Bapak sy pernah konsultasi ke Bpk untuk KP sy ke 4B, Alhamdulillah skrg sdh turun.
Bapak untuk hasil karya seperti modul, artikel itu kan dibatasi per semester 1, kalau buku bgmn Bpk, krn antri ISBNnya kadang tdk bisa diprediksi. 
Terima kasih.
Benar. Sekarang memang agak sulit pengurusan ISBN. Ttp bukankah yg tdk ber ISBN pun bisa dinilai dg AK 1

Buku yg diajukan maksimal 3 buku pendidikan.

Untuk PTK yang sudah dibukukan, masuk kategori manakah karya inovatif atau Karya ilmiah? 
Berapa kredit pointnya?
Masuk dlm buku pendidikan dg AK 4

Apakah jika kami 6 penulis bikin antologi tentang potret pelajar pancasila di Kotaku 

Masing masing kirim 5 naskah ...
Apa bisa masuk point buku karya ?
Kalau buku pendidikan boleh dinilai maksimal 4 orang dg persentase yg telah ditebtukan, Ditentukan. Untuk penulis ke 5 dan 6 tdk dpt AK

Mohon maaf mau bertanya, jenis KI bisa dlm bentuk cerpen. Tetapi saya adalah seorang guru Mapel IPA apakah bisa di nilai kalau saya nantinya membuat kumpulan cerpen?

1. Apakah buku yang bisa dihitung untuk pengusulan kenaikan pangkat harus ber ISBN??
2. Apakah ada perbedaan nilai point setiap buku, jika ada apa perbedaannya??

 1. Yg hrs ber ISBN adalah buku kumpulan puisi, kumpulan cerpen dan novel. Untuk buku di bidang pendidikan bisa tanpa ISBN
2. Ya. Di ppt sdh saya tampilkan setiap jenis buku dg AK nya

memasukkan 1 buku solo kumpulan puisi dan pantun dan 1 buku antologi (saya penulis ke tiga) dalam dupak saya dan hanya di hargai 2,1 untuk dua buku tersebut.
Darimana cara menghitungnya?🙏
Kumpulan puisi yg hanya 20 sd 39 puisi nilai 2. Untuk buku antologi yg kedua itu antologi apa? Belum jelas. Bisa bertanya lagi
Apakah disetiap kabupaten instruktur yang menjelaskan dan memberikan sosialisasi sekaligus membimbing kepada guru-guru didaerah ada seperti bapak menjelaskan dalam PPT? Kalau misal tidak ada bisakah mengusulkan agar ada supaya guru bisa mendapat kemudahan dalam naik pangkat trimakasih
Harusnya memiliki ppt agar jelas. Banyak ppt yg berhubungan dg kenaikan pangkat. Kalau dibutuhkan, silakan hub saya dan akan saya share apa yg dibutuhkan

Nilai Buku di PAK berapa ya pak ?
Kalau mengajukan PAK ke 4c , menunggunya lama apa tidak ya pak?

Mengajukan ke 4 c berakhir bukan juni. Setelah itu menggunakan aturan baru.

Agak lama krn nasional. Tim penilai keliling. Dr jakarta, saya langsung ke makasar shg agak lama

AK buku ads dlm ppt. Misal buku pelajaran AK 3 yg ber ISBN. Kalau tdk AK 1. Buku pelajaran yg ber BSNP AK 6 dst

Dengan SKP terbaru yang berlaku tahun 2022.
1.Apakah PTK atau PTS serta pengembangan diri ( pelatihan.worhsop, Diklat 32 JP ke atas) masih menjadi prasarat sebagai kenaikan pangkat?

2. Bagi penulis pemula katagori buku pendidikan seperti apa yg bisa diakui dalam pengajuan kenaika pangkat bagi PNS?

1. SKP berdasarkan aturan KP yg lama hanya sbg lampiran. Bebas yg penting 1 tahun. Berdasarkan aturan baru yg akan dimulai Juli 2023 kalau tdk ada perubahan, SKP sangat menentukan KP
2. Penulis pemula bisa menulis buku yg berhubungan dg kur merdeka. Ttg pengaturan jadwal pembelajaran projek. Menanamkan karakter profil pancasila pd pembelajaran projek. Yh penting sesuai dg pengetahuan penulis

1. Berapakah ak yang dibutuhkan untuk kenaikan tingkat ?

2. Nah trus bagaimana bila belum pns apa fingsi membuat karya inovatif?

3. Bagaimana dengan kenyataan di lapangan yang tidak semua guru itu bisa membuat buku bahkan kurang bisa menulis buku??

1. AK yg dibutuhkan tergantung golongannya. Dr 3 a ke 3 b membutuhkan 50, yaitu dr 100 ke 150. Kalau gol 3d ke 4a membutuhkan 100, dr 300 ke 400. Ke 4b membutuhkan 150 dan seterusnya
2. Menulis itu tdk hanya untuk KP. Kalai KI berbentuk membuat media tentunya sangat berguna saat mengajar. Kalau menulis puisi, cerpen dan novel bisa diterbitkan atau dilombakan dsb
3. KP tdk hanya dipenuhi dg menulis buku. Ada 10 jenis PI dan 4 jenis KI. Ke gol IV d dan IVe baru diwajibkan menulis buku ber ISBN

Buku itu penghargaan poin berapa sih? Kalau buku itu ditulis berdua, bertiga bagaimana. 3. Kalau kumpulan puisi minimal berisi 20 puisi, sedang kumpulan cerpen minimal 5 cerpen, la kalau novel, Pak? boleh hanya 1 novel? Masing-masing poinnya berapa? matur nuwun. Sukses bu Ayang dan Pak Imron ! Salam Literasi!
Kalau novel, 1 novel nilai 2 dianggap sederhana. Kalau berdua 60% dan 40% untuk penulis kedua. Ada dlm ppt

Apakah dapat dihitung PAK kalau saya sebagai salah satu dari 5 orang penulis buku bahan ajar mapel Mulok/muatan lokal?
Terima kasih 🙏
Kalau penulis ke 5 tdk bisa dinilai
apakah puisi yang bisa kita tulis temanya bebas ataukah berhubungan dengan mata pelajaran yang kita ampu? misalnya saya mengajar kimia. Haruskah saya membuat kumpulan puisi dengan tema kimia secara keseluruhan ataukah bisa tema bebas aja?
Bebas. Tdk hrs sesuai dg mata pelajaran

guru IPS, mempunyai tugas tambahan sebagai Kepala Perpustakaan. Kalau  membuat buku dengan tema perpustakaan, apakah masuk karya ilmiah atau inovatif? 
Berapa angka kreditnya? 
Apakah semua PI dan PD tidak hangus bila melebihi ketentuan? 
Saya dari 3d mau ke 4a, bila PI atau PD berlebih apakah bisa di tabung untuk kenaikan pangkat berikutnya? 

Semua tdk bisa ditabung, kecuali AKK (angka kredit komulatif)

Buku ttg perpustakaan masuk pd publikasi ilmiah dg AK 3 kalau ber ISBN
 
Untuk kenaikan pangkat ke IV/d, bagaimana teknik presentasinya? apakah bebas memilih dari karya yang kita usulkan dalam Dupak? Mohon pencerahannya, Bapak. 

 Siap. Ke IV d yg dipresentasikan adalah semua KI dan PI nya dg fokus pd 1 penelitian yg kita buat. Ini saya beri contoh

Presentasi untuk usul ke IV/d

Di depan 4 tim.penilai. para profesor
Tenang bu nuraini, penguji nya baik dan tidak galak.
punya antologi menulis esai dan saya penulis ketiga, apakah ini bisa diajukan dan masuk kebagian manakah? 

Apakah guru matematikaa membuat cerpen ..masih dikatakan karya inovatif? Artinya bukan milik guru bahasa saja.
terima kasih
Td sdh saya jawab pertanyaan kedua. Bebas untuk semua guru.

Kalau esainya ttg pendidikan bisa dimasukkan di bidang pendidikan. Bisa dpt AK meskipun penulis ke3


Misalnya saya menulis buku solo Ber-ISBN saat golongan saya 3A. Jika untuk kenaikan pangkat 3A ke 3B belum digunakan, apakah buku tersebut bisa digunakan untuk kenaikan pangkat di golongan berikutnya misalnya: 3D ke 4A?
 Kadaluarsa. Tdk bisa diajukan. Yg tdk ada kadaluarsa hanyalah ijazah


.apakah untuk usul kenaikan pangkat ke 4C bisa menggunakan buku antologi ? sy punya 7 buku antologi yg ber ISBN ..MOHON PENJELASANNYA
 Buku antologi apa? Hrs jelas. Kalau keroyokan antologi puisi dg hanya menulis puisi atau cerpen ya tdk bisa dinilai

Bgmn dg buku yang akan kita jadikan Buku Solo kita ini, masuk kategori yang mana. Dan brp AK nya. Terima kasih Pak Doktor.
Ini maksud nya resume buku resume kelas belajar menulis pak, Tdk bisa
Buku resume tdk bisa diajukan untuk KP

Pertanyaan :
1. Apakah benar utk kenaikan pangkat gol 4 sll diwajibkan dg krya ilmiah? 

2. Shg dg dmk, meskipun kita memiliki simpanan buku byk utk persiapan KP, tetap tdk memenuhi KP, benarkah?

3. Apa perbedaan menulis opini di koran dan buku terkait dg KP? 

4. Dimanakah kita meletakkan penilaian koran dan buku pada DUPAG? 

5. Buku dari karya pantun dan puiisi bisa kita masukan dlm penilaian hasil karya sastra. Sdgkan buku hasil resume masuk di mana ya pak? 

1. Mulai ke gol IV a minimal 1 satu laporan hasil penelitian
2. Buku maksimal 3. Meskipun banyak tetap tdk lolos krn itu syarat utama
3. Opini masuk pd artikel populer. Nilai 1 dan 2. Kalau buku nilai 3 atau 1
4. Koran di artikel populer di PI dan buku di buku pelajaran atau bidang pendidikan di PI. Buku puisi dan cerpen di KI
5. Rwsume tdk bisa dinilai. Hanya untuk berlatih menulis dan menjadi kebanggaan krn sdh berkarya


Hilman_Babel
Saya punya Ijazah S2 dari pascasarjana yang akreditasinya masih *C*, apakah bisa utk dihitung AK nya?

DUPAK tidak lagi menjadi hitungan angka kredit namun SKP lah penggantinya. terhitung Januari 2023.
Bagaimana cara perhitungan angka kredit klau begitu?
Untuk ijazah dr PT akreditasi C tdk bisa dinilai
Mulai juli 2023, rencananya sdh menggunakan aturan baru. Tsk lagi pakai DUPAK
 punya Ijazah S2 dari pascasarjana yang akreditasinya masih C, apakah bisa utk dihitung AK nya?
Melalui SKP. Menghitungnya dg memasukkan pembelajaran dulu. Ketika belum memenuhi standar minimal yg hrs dipenuhi, maka dimasukkan unsur publikasi ilmiah termasuk menulis buku

Tidak ada komentar: