Jumat, 13 Januari 2023

resume ke 3 KBMN gelombang 28

Resume ke-3 KBMN-28
Tanggal : 13 Januari 2023
Tema : Gali Potensi Ukir Prestasi 
Narasumber : Aam Nurhasanah, S. Pd
Moderator : Arofiah Afifi, S.Pd

Malam ini adalah pertemuan pembuatan resume ke 3 pada KBMN gelombang ke 28
Saya mengenal Nara sumber adalah pribadi yang luar biasa, beliau lebih muda dari saya, beliau menjadi ASN , semangat dalam pembuatan buku, punya si kecil pun tidak menyurutkan semangat beliau untuk menjadi penggerak dalam banyak hal termasuk menulis.
karya-karya beliau luar biasa diusia yang belum ada 40 tahun. Karya yang begitu banyak yang sudah dibuat.

Bahkan beliau merupakan juara 1 dalam acara lomba blog yang diselenggarakan guru blogger Indonesia bekerjasama dengan guru TIK PGRI, 


Rajin membaca tulisan teman dengan BW(Blog Walking)
Lebih bagus pake outline/ daftar isi supaya tidak ke luar jalur
Pengalaman berharga bisa jadi sumber tulisan. Beliau sedang membuat naskah buku solo ke-5 berupa buku biografi Riwayat perjalanan hidup yang ditulis sendiri.
Rajin membaca akan membuat semakin mahir menulis.   Menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi. 
Luangkan waktu untuk menulis, jangan menunggu waktu luang. Cara memunculkan ide, perhatikan apa yang di lihat,  dengar, sukai. Atau bisa buka album foto. Biasanya sebuah foto atau gambar bisa memuat seribu cerita. Cara untuk PD, tulis sebisanya. Nanti kalau sudah terbiasa pembendaharaan kata akan tambah banyak dan tulisan akan semakin bagus.  Jangan ingin seperti makan cabe, tapi semua butuh waktu dan keterampilan yang dilatih. Motivasi terbesar ingin mengukir makna hidup, akan dikenang dan dikenal sebagai apa saat sudah tiada nanti.beliau juga mengatakan bahwa Kunci utama produktif menulis adalah dengan membuat niat dan motivasi diri yaitu ingin menulis seribu buku, bisa memilih tokoh panutan untuk memompa semangat. Saya menjadikan Doktor jay sebagai inspirator(pemberi ide tulisan) dan Bunda Kanjeng sebagai motivator(pemberi semangat).Jika semangat hampir padam, diingatkan kembali oleh niat awal bagi yang ingin berbagi melalui tulisan
Alhamdulillah meskipun belajar menulis tetap bisa menemani anak untuk jalan-jalan lihat pasar malam.
mereka yang menjadikan saya bisa merasa salut , mereka luar biasa
Bunda kanjeng yang sangat ngemong, Bu Aam terimakasih atas smua ilmu yang diberikan malam ini, luar biasa ilmu yang sudah diberikan.
Selamat malam semuanya
Saatnya beristirahat



1 komentar:

Agung PS mengatakan...

Terus tambah semangat menulis
Silakan kunjungi blog saya:
https://ragungps.blogspot.com/2023/01/menjadi-saksi-aneka-prestasi-literasi.html