Jumat, 20 Januari 2023

Resume ke 6 KBMN gelombang 28

Resume KBMN Angkatan 28
Pertemuan ke 6
Hari.              : Jumat, 20 Januari 2023
Narasumber :Prof. Richardus Eko Indrajit
Moderator.    : Aam Nurhasanah, S.Pd
Tema: Menulis Buku Mayor dalam Dua Minggu 

Pada malam hari ini kita masih diberikan kesehatan dan kekuatan untuk mengikuti kegiatan KBMN angkatan 28. Mudah-mudahan kita diberikan kemudahan untuk mengikuti kegiatan belajar malam hari ini. Kegiatan pembelajaran akan diisi oleh Bapak Profesor Richardus Eko Indrajit dengan moderator Ibu Nurhasanah tema yang yang akan diangkat adalah menulis buku Mayor dalam 2 minggu

Sebelum memulai belajar sang moderator ibu memperlihatkan buku hasil karya beliau bersama Prof Indrajit yang berhasil diterbitkan dan saat ini sudah terjual bebas di toko-toko buku Gramedia. Mudah-mudahan tayangan buku tadi menjadi pemicu kita untuk bersemangat dalam menerbitkan buku Mayor semangat.

Peserta begitu antusias menunggu tema apa yang akan diberikan 

Prof. Eko memberikan tips untuk peserta sambil menunggu berapa kira-kira jumlah peserta yang ingin mengikuti tantangan dari Prof. Eko, seperti:

Kita menulis BUKAN UNTUK DIRI SENDIRI, tapi UNTUK ORANG LAIN.Tidak perlu berfikir panjang-panjang dulu. Mulai dari satu hal yang sederhana. Jangan menuliskan sesuatu yang kita tidak mengerti dan tidak ada sumber referensinya.

Prof. Eko lebih senang mengajak rekan-rekan guru untuk BERJALAN BERSAMA, bukan sekedar BERDISKUSI. Kebanyakan orang senangnya berdiskusi dan TAKUT EKSEKUSI. Berbeda dengan Prof. Eko, beliau lebih senang langsung EKSEKUSI di bawah bimbinganya, baru berdiskusi jika ada hambatan.

Carilah judul yang ANTI MAINSTREAM. Kalau yang BIASA-BIASA SAJA, biasanya penerbit mayor tidak tertarik menerbitkannya.

Semakin banyak kita pakai pemikiran orang lain, semakin banyak referensi yang kita pergunakan. Dan tidak ada aturan mengenai berapa banyak referensi yang kita pakai. Referensi adalah bentuk penghormatan kita terhadap karya orang lain yang butir-butir kontennya kita pakai dalam buku kita.

Agar tulisan berkualitas maka buatlah Isi atau konten yang menarik dan disampaikan dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Motivasi selalu dimulai dari mimpi.

"Practice makes perfect". Latihan adalah kuncinya.

 Prof. Eko mengajak pada peserta untuk ikut bergabung dalam Workshop menulis, agar dapat mempraktekkan secara langusng. Tujuan Workshop menulis adalah agar guru-guru BISA MENULIS BUKU bukan sekedar TAHU CARANYA NULIS BUKU.

Karena sudah banyak teori, konsep, dan pengalaman dari penulis lain yang disampaikan ke peserta KBMN PGRI. Sehingga Prof. Eko tidak ingin membebani dengan teori-teori baru. Jadi Prof. Eko mengajak teman-teman yang BERMIMPI karyanya terpajang di toko buku untuk BERGABUNG dalam batch JANUARI BERSERI yang nanti akan menjadi workshop mingguan untuk membuat buku mayor.

Setelah melihat banyaknya peserta yang ingin dibimbing langsung oleh Prof. Eko dalam membuat buku Mayor. Prof. Eko pun melanjutkan tanya jawab kepada peserta KBMN PGRI.

Ada juga yang bertanya mengenai tidak adanya keahlian khusus yang ia miliki untuk dapat dituangkan dalam naskah buku mayor. Prof. Eko pun memberikan semangat kepada peserta bahwa yang penting adalah KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI dan KEMAMPUAN BERBAHASA. Konten yang kita buat bisa bebas. Hanya imajinasi kita yang membatasinya.

5 komentar:

Nan mengatakan...

Mantap...

Agung PS mengatakan...

menantikan sambil diliputi kecemasan akan tantangan Prof Ekoji ya

Bila berkenan berkunjung dan tinggal jejak di
https://ragungps.blogspot.com/2023/01/eksekusi-mimpi-jangan-sekedar-teori.html

Lilik Kistiana mengatakan...

Mantap, semangat !!
Jika berkenan mampir ke lilik-kistiana.blogspot.com

coretan santri mengatakan...

Betul pak Agung, semoga kita berhasil menjalankan tantangan ya

Teguh Wiyono mengatakan...

Semangat terus