Senin, 13 Februari 2023

Resume ke-16 KBMN Gelombang 28

Resume Ke -16 KBMN Gelombang 28
Tanggal            : 13 Februari 2023
Narasumber     : Nur Dwi Yanti, S.Pd
Moderator        : Dail Ma'ruf, M.Pd
Tema                 : Menulis Buku Cerita Digital
Dibuat oleh      : Nunung Fika Herawati Efendi, S.Pd
Malam ini pertemuan yang ke 16 materi kali ini melalui Zoom Meeting, biasanya hanya dengan tulisan di grup Whatshapp. Malam ini memiliki tantangan tersendiri jika meresume melalui aplikasi Zoom Meeting ini, karena harus menyimak dan tiga kali terpental keluar zoom selama 3x tetapi harus berusaha membuat resume sebaik mungkin. 

Ibu Nur Dwi Yanti, S.Pd adalah guru SDN Muncul 03 Kota Tangerang Selatan. Beliau memulai materi dengan melalui Quiziz. Buku digital adalah salah satu jenis buku/bacaan yang hadir dalam bentuk softcopy atau elektronik yang kemudian bisa dibaca menggunakan perangkat digital baik itu smartphone maupun komputer. Contoh sederhana yang biasa kita temui adalah PDF yang berisi materi-materi atau umumnya biasa disebut dengan E-book.
Fungsi Buku Digital : Sebagai salah satu alternatif media belajar. Sebagai media berbagi informasi.
Tujuan Buku Digital : Memberikan kesempatan bagi pembuat konten untuk berbagi informasi dengan mudah, dengan cara yang menarik dan interaktif. Melindungi informasi yang disampaikan, sebagai contoh buku berbasis kertas jika perawatannya kurang maka akan rapuh atau menjadi serbuk-serbuk. Mempermudah proses memahami materi ajar. Karena bisa dibuka dimana saja dan kapan saja.
Efisiensi Buku Digital Praktis Segi-segi fisik lebih efisien, dengan terkuranginya buku yang kita bawa didalam tas. Dapat diakses dimana saja. Dapat disimpan file e-book tertampung di dalam memory.
Ramah lingkungan.

Kostumisasi : Bisa dapat menyesuaikan kebutuhan size ukuran bacaan, tetapi ada negatifnya juga yakni radiasi jika terlalu lama terhadap mata, jadi gunakanlah dengan bijak.
        Narasumber mencontohkan membuat cerita gambar dengan canva. Itu sangat mudah, karena formatnya sudah ada tinggal mengisi konten dengan kreativitas kita.
Ada menggunakan Photoshop dalam pengeditan gambar.


Ini contoh dikonversi dengan video bisa dari power points, 

Cergam digital
ini bisa dibuat dulu di Photoshop kemudian dikonversi ke canva
ketika membuat cerita digital itu bisa membuat cerita sendiri. 
Kita dalam mencoba buat aplikasi tersebut, jangan sampai bilang yang sulit tapi harus mencoba lagi, jadi kita harus yakin ketika menghadapi komentar,misal tidak ada lebihnya ,kita tidak boleh patah semangat.
 Kita bisa belajar untuk membuat pelatihan secara konkret akhirnya cara praktis.
Pertanyaan dan jawaban dalam zoom:
1. Ketelatenan yang dibutuhkan , kesulitan ada dua buat cerita dan mengedit. Itu butuh kesabaran. Bagaimana langkah kita punya konsep cerita, menuangkan cerita menuangkan gambar, kalau bisa gambar sendiri kalau tidak bisa gambar sendiri.
Aplikasi yang murah dan tidak berbayar, bagaimana? Sebenarnya buat gambar buku digital itu sama seperti buku biasa, yang pertama dengan konvensi dengan pdf, gambar diperoleh jika ambil d google dengan copy right, kita bisa sertakan dengan gambar bisa kolaborasi dengan ahli gambar. Gambar sketsa sendiri anak diajak gambar, kemudian dibuat ilustrasi. 
2. Dulu ada komik dengan sketsa, karena semua tidak bisa jago, bisa juga boneka di foto baru dibuat cerita, itu adalah salah satu cara untuk konversi cerita
3. Ada aplikasi gratis di aplikasi ambil foto diambil dalam komik buku. 
4. Bagaimana yang manula diberikan dengan buku panduan, kemampuan menggunakan komputer jika yang sudah lansia sudah kesulitan. Memang kalau proses pembuatan digital itu mau ada HaKi atau secara gratis, itu nanti akan dicoba dengan pelatihan khusus, yang paling sederhana.
5. Untuk Langkah-langkah apa sama dengan buku non fiksi, apa hanya ditambah gambar. Ketika buat buku fiksi digital harus ada konsep dulu mau diberi gambar apa tidak, itu dbuat konsep dasar dulu. Ketika fiksi dan non fiksi itu tujuannya mau dibuat seperti apa, seperti cerita fiksi dibuat si pembaca siapa nanti tujuan seperti apa.
Kalau non fiksi ada daftar pustaka kalau fiksi ada sumber.
6. Minimal e book itu berapa lembar, kalau mau ambil suara background dari pihak lain agar tidak dari pihak lain. Biar tidak kena cas atau plagiat atau copyright apa lirik yang sama, tarian kreasi sendiri. Apa buku digital itu bersifat educati atau komersil. Kalau sifat educati biasanya tidak ada masalah.
7. Syarat pembuatan komik tidak ada syarat khusus, itu hanya ilustrasi karya, itu harus ada penerbit yang ada didalamnya, biasanya ada ketentuan. 
8. Jika e books tidak ada penerbit maka digital gratis Jika kita menulis buku menggunakan referensi dari e-book di mana dalam e book tersebut tidak terdapat nama penerbit dan tempat penerbitan. Bagaimanakah cara menuliskan daftar pustakanya? 
9. Dalam membuat buku digital dan menggunakan aplikasi untuk membuat buku tersebut. apakah ada spek atau ketentuan untuk leptopnya atau pc yang digunakan?
10. Bu Dewi  sudah pernah belajar menggunakan Ibispaint dan juga medibang dan membuat beberapa karya yang saya kirim di pngfree. tapi saya belum terfikir membuat komik. pertanyaan saya. apa ada contoh komiknya, dan apakah ada syarat khusus dalam pembuatan komik tersebut
11. Jika kita menulis buku menggunakan referensi dari e-book di mana dalam e book tersebut tidak terdapat nama penerbit dan tempat penerbitan. Bagaimanakah cara menuliskan daftar pustakanya? 
Ada aplikasi spt flipbook tp online, namanya BookCreator.
Jenis-jenis format buku digital adalah: EPUB(Electronic Publication), MOBI( MobiPocket), PDB( Palm Databse File), PDF(Portable Document Format), KF8 (Kindle Fire Format).
Aplikasi dan Buku Digital Berbasis Web 
https://ditpsd.kemdikbud.go.id/buku/kategori/cerita-anak-2
https://legutykids.com/
Atau mendowload melalui playstore :
iPUsnas, Amazon Kindle, Google Play Books, Wattpad, Libby By Overdrive
Aplikasi Pemformatan Buku Digital
https://sigil-ebook.com/
https://www.scribus.net/downloads/
Photoshop, Libre Office atau MS Office, Audacity/format factory, Avidemux/format factory, Canva, Powtoon
Salam literasi belajar tidak ada kata terlambat bagi yang mau berusaha. 

4 komentar:

Bloger muda mengatakan...

Wah ternyata suhu keren resumnya

Afif Afandi mengatakan...

Mantap, BU!

Farida Lisanti mengatakan...

Sip resumenya

QCYb_yanti mengatakan...

Mantappp